(RK) Radar Kafsul

Mari Mengenali Saya

Foto saya
KENDARI, SULAWESI TENGGARA, Indonesia
  • This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

DIES NATALIS UTS KE-7


Sumbawa-Universitas Teknologi Sumbawa sukses menggelar Pawai Budaya Nusantara dalam rangka Dies Natalies 7th UTS pada Sabtu, 07 Maret 2020.
Pawai Budaya yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai daerah asal mahasiswa UTS saat ini, titik start dari Lapangan KODIM dan berjalan menuju Halaman Kantor Bupati. Setiba di venue Kafila-kafilah Daerah ini  menampilkan berbagai  kebudayaan khas Daerah mulai dari Sabang sampai Merauke, seperti Aceh, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB, JAWA, Lombok dll. Juga dimeriahkan dengan adanya stand kuliner Nusantara dari Mahasiswa sendiri.
Acara  resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sumbawa Bapak Drs. H. Mahmud Abdullah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, "pada usia ke 7 tahun ini, semoga UTS senantiasa tetap semangat dan berkomitmen tinggi dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di daerah kita tercinta Sumbawa." Turut hadir pula Wakil Ketua DPRD Drs. Mohammad Anshori, Asisten Administrasi Umum Sekda, Iskandar, M.Ec.Dev, Budayawan Sumbawa Aries Zulkarnaen, dan tentunya masyarakat Tana Samawa.

Senada dengan sambutan Wakil Bupati, Bang Irul Rektor UTS menyampaikan, bahwa UTS memang dihajatkan untuk peningkatan dunia pendidikan diwilayah timur Indonesia, bangga bahwa UTS bisa menjadi bagian dari hal baik tersebut, UTS akan terus memperbaiki diri untuk mewujudkan visi UTS Membumi dan Mendunia.

Penampilan apik dari mahasiswa pun menambah semarak acara ini, seperti Tarian Dayak-Kalimantan, atraksi etnik dari "Bagas Godang" Sumatera Utara, NTT, Tarian Sumbawa, Drama Musikal oleh Jowo Clan dan penampilan tersebut dinilai oleh tim juri handal yakni Japaruddin S.Pd (Pembina sanggar seni Liser SMANDA), Muhammad Qodri S.Pd (Pembina sanggar seni Moyo hilir), dan Burhanuddin S.Pd (Pembina sanggar seni Moyo Hulu). Dan yang meraih penampilan terbaik jatuh pada Kafilah Kalimantan dan kostum terbaik diraih oleh Kafilah Sumatera.

Tahun ini Dies Natalies UTS mengangkat tema "UTS is Our Home". Diharapkan UTS bukan hanya menjadi tempat menimba ilmu para mahasiswanya saja, bukan hanya rumah bagi Elang Muda namun juga 'Rumah' pembelajaran yang nyaman dan tumbuh utuh serta bermanfaat bagi sesama seperti Visi misi UTS.





STIVAL BUDAYA (Parade Budaya/Kuliner Nusantara/Bazaar) UTS, pada SABTU, 7 Maret 2020 bertempat di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa~


ALHAMDULILLAH KAFILAH SULAWESI MENDAPATKAN PERINGKAT KE-2 PENAMPILAN TERBAIK


#universitasteknologisumbawa
#goestodiesnatalies7thuts
#festivalbudayanusantarauts2020
#maret2020
#UTSisourhome


Share:

DEMONSTRASI MAHASISWA UTS DIKANTOR DPRD SUMBAWA

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di gedung DPRD Sumbawa, yang dipimpin oleh Presiden Mahasiswa UTS – Fahmi Budi Raharjo.
Mereka juge menyampaikan tuntutan yang sama, dimana, mereka menuntut Pemda Sumbawa dan DPRD segera bersikap atas penolakan mereka terhadap Undang-undang KPK, RUU KUHP dan lainnya.
Sementara itu, Bupati Sumbawa H. Husni Djibril yang kebetulan hadir pada pelantikan pimpinan DPRD Sumbawa, secara langsung menemui massa aksi tersebut, ia didampingi oleh Wakil Bupati, Pimpinan DPRD, Kapolres Sumbawa, Dandim 1607 Sumbawa, dan Toko Agama.
Bupati mengatakan, apa yang menjadi tuntutan massa aksi akan disampaik kepada pemerintah pusat dan DPR RI di Jakarta. ‘’Apa yang telah disampaikan ini akan kami tindaklanjuti. Dalam beberapa hari sekitar tiga atau empat hari, kami akan bersurat ke Pemerintah Pusat, untuk menyampaikan apa yang menjadi tuntutan adik-adik mahasiswa,’’ pungkasnya.
Aksi ujukrasapun bejalan dengan damai dan tertib hingga massa aksi membubarkan diri dan meninggalkan kantor DPRD Sumbawa. (KS/ily)
Share:

VIDIO AL-MATSURAT BUKBER KAFILAH SULAWESI DENGAN ADIK-ADIK PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH SUMBAWA

SPANDUK

Vidio akhwat

Vidio Ikhwan

Share:

«MERAJUT SILATURAHMI MERAIH BERKAHRAMADHAN" BUKA PUASA BERSAMA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH SUMBAWA






Share:

PERGANTIAN PRESIDEN KAFILAH SULAWESI 2019/2020

Pergantian presiden Kafilah sulawesi lama saudara Marwansyah masa jabatan 2018/2019,ke presiden sulawesi yang baru sudara saipul masa jabatan 2019/2020


Minggu 17 maret 2019
Selesai juga kegiatan pelantikan presiden KAFILA SULAWESI yg baru.

Saya berterimakasih kepada mantan presiden, pengurus kafila sulawesi kami yg dulu, karna telah banyak membantu dan banyak mengorbankan waktunya untuk kami, di saat kami butuh bantuan mereka selalu ada, harapan saya kalian tetap selalu ada jika kami butuh bantuan esok atau lusa walaupun kalian telah selesai menjalankan tugas kalian Masing Masing.

Dan ucapan selamat  kepada presiden kafila sulawesi dan pengurusnya yg baru, Semoga tetap istikomah dalam menjalankan tugasnya, menjadikan kafila sulawesi lebih baik lagi dari sebelumnya, lebih erat tali persaudaraannya, kekeluarggaannya, dan kebersamaanya.

KAFILA SULAWESI:
BERSAMA KITA SUSAH, BERSAMA KITA SENANG, DI TANAH RANTAU.
Share:

MOMENT PERGANTIAN KEPENGURUSAN KAFILAH SULAWESI 2019/2020

Penyampaian Ketua majelis Syuroh 2019/2020

Sahabat kafilah sulawesi 

Sahabat kafilah sulawesi 

Share:

SGM SEBAGAI PUSAT PERBELANJAAN MASYARAKAT SUMBAWA

SGM SEBAGAI PUSAT PERBELANJAAN MASYARAKAT SUMBAWA
Mata kuliah : Komunikasi Bisnis
Dosen Pengampu : Deddy Suprapto.SS.,MA






Di susun oleh:
Dwi pratiwi : 16.01.051.017
Ilyas Fikal    : 16.01.051.032


UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
2018

KATA PENGANTAR

Bismillah.. Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat, nikmat tak terhingga kepada hamba-Nya berupa Iman, kesehatan dan kesempatan hingga laporan ini bisa terselesaikan. Salawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw. Yang telah membantu menyelamatkan ummat dari masa jahiliah pada masa yang serba ada pada zaman ini.
Penulis tentu menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, sebab laporan ini masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik serta saran dari pembaca agar makalah ini akan menjadi laporan yang lebih baik lagi, dan memberikan pelajaran berupa perbaikan untuk pembuatan laporan selanjutnya. Demikian apa yang telah di sampaikan jika terdapat banyak kesalahan penulis memohon maaf sebesar-besarnya. Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada dosen Pengampu yang telah membimbing kami dalam menulis laporan ini.

Sumbawa, Selasa 18 Desember 2018











DAFTAR GAMBAR



Proses Wawancara











BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

SGM (Sumbawa Great Mall) adalah pusat perbelanjaan yang tepatnya berada di Kabupaten Sumbawa, Ibukota Sumbawa Besar. Adapun pemilik SGM ini bernama Bapak Hadi Puji Purwanto asal Surabaya serta istrinya Lana Wati yang berasal dari Bima. SGM ini didirikan pada tanggal 22 November 2005. Meskipun begitu SGM bukanlah satu-satunya pusat perbelanjaan, di sumbawa juga terdapat banyak Alfamart serta Indomaret. Hal tersebut yang menjadikan persaingan perekonomian di sumbawa. 

Rumusan Masalah
Apakah keunggulan SGM sebagai pusat perbelanjaan di sumbawa?
Apa keuntungan yang bisa di berikan oleh masyarakat sumbawa?
Bagaimana SGM menghadapi persaingan dengan pusat perbelanjaan lainnya?

Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses Komunikasi Bisnis yang di lakukan oleh SGM (Sumbawa Great Mall) sebagai pusat perbelanjaan yang cukup besar di banding dengan Alfamart atau Indomaret di Sumbawa. Selain itu mampu menambah wawasan terkait dengan perekonomian di Sumbawa, karena hal ini termasuk dengan berbagai usaha di Sumbawa.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Data Hasil Wawancara

A. Hasil Wawancara dengan pihak SGM
Adapun hasil wawancara yang telah berlangsung oleh salah satu kariawan bernama Lanwati umur 30 tahun yang bekerja sejak awal terbentuknya SGM pada tahun 2005 hingga saat ini. kamimendapatkan data bahwa SGM pada awalnya merupakan pusat perbelanjaan yang cukup diminati oleh masyarakat Sumbawa, selain cukup besar dari pusat perbelanjaan lainnya SGM juga di hadir dengan gedung yang cukup bersih dan pelayanan yang menurutnya cukup baik. SGM juga melayani Masyarakat Sumbawa dengan cukup baik. Adapun harga yang di keluarkan lebih murah dari Alfamart atau Indomaret. Biasanya SGM membedakan harga barang atau produk dengan lebih murah Rp. 200. Akan tetapi kembali lagi pada produknya, alasan lainnya adalah karena SGM tidak mengeluarkan pajak yang besar seperti Alfamart dan Indomaret. Adapun barang-barang atau produk biasanya hasil pengiriman dari Kota  Surabaya. Akan tetapi hal tidak jarang pengiriman mengalami proses yang tidak sebentar atau membutuhkan waktu yang lama. 

B. Hasil wawancara dengan Masyarakat Sumbawa

Seorang Mahasiswi asal Sumbawa Besar bernama Dewi Permatasari jurusan Ilmukomunikasi di Universitas Teknologi Sumbawa mengatakan bahwa SGM adalah pusat perbelanjaan yang masih memiliki kekurangan meskipun memiliki banyak kelebihan seperti gedug yang cukup luas dari pusat perbelanjaan lainnya. Namun dari segi pelayanan SGM kurang memilii pelayanan yang cukup baik. Salah satu contohnya jika di Alfamart kariyawannya ramah mau menyapa pelanggan namun berbeda halnya dengan di SGM yang membiarkan para pembeli untuk mencari barag yang akan di beli, saat di beralih ketempat permainan pula maka pelayanan yang di berikanpun sama. Sehingga ketika berada di tempat permainan terkadang pengunjung bingung bagaimana cara memasukan koin untuk memainkan permainan. Selain itu SGM juga menyediakan tempat parkir yang dimana setiap pembeli yang datang ketika pulang harus membayar parkir. Akan tetapi SGM biasanya menjadi pusat perbelanjaan yang cukup baik seperti yang di jelaskan di atas bahwa SGM memilii gedung yang bersih dan cukup luas dari yang lainnya, produk dan barangnyapun cukup lengkap jika di bandingkan dengan Alfamart atau Indomaret.

C. Strategi pemasaran produk

     Strategi pemasaran kini telah merambah keseluruh dunia dari segala sektor kehidupan seperti ekonomi,politik,sosial dan lainya.dan tidak dipungkiri lagi kebutuhan suatu perusahaan dalam pemasaran produk tidak lepas dari strategi pemasaran agar dapat menembus pasar sasaran yang dituju.

Perlu kita ketahui bahwa setiap perusahaan mempunyai tujuan agar tetap hidup dan berkembang terus guna mencapai kemajuan melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan keuntungan perusahaan,melalui mencari dan membina langganan pasar serta usaha menguasai pasar. Tujuan ini hanya dapat dicapai, apabila bagian pemasaran perusahaan melakukan strategi yang mantap untuk di gunakan kesempatan dan peluang yang ada dalam pemasaran, sehinga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat di pertahankan sekaligus di tingkatkan, di dalam hasil wawancara dari pihak SGM kariawan bernama Lanwati umur 30 tahun yang bekerja sejak awal terbentuknya SGM pada tahun 2005 hingga saat ini. Memberikan strategi-strategi pemasaran yang di terapkan di dalam SGM. Strategi yang di gunakan berdasarkan reverensi dari Agus Suryana dalam buku strategi pemasaran untuk pemula (2007:01). Strategi pemasaran meliputi beberapa elemen diantaranya:
      Riset pasar (penelitian konsumen) dijelaskan bahwa didalam suatu perusahaan bisnis kita harus melihat dan melakukan riset terhadap konsumen dan memahami perilaku,tingkah,dan pilihan dari pelanggan di dalam ekonomi berdasarkan pasar, riset ini di lakukan sebagai cara memperoleh informasi berharga yang dapat di gunakan untuk mengevaluasi peluang kesuksesan perusahaan.(2007: 24).
Branding (merk) artinya bahwa nama perusahaan,bagaimana nama itu secara visual diekspresikan melalui logo dan bagaimana nama dan logo itu diperluas sepanjang suatu komunikasi organisasi.(2007: 54)
Strategi produk baru yaitu suatu pengembangan produk di dalam rangka bereaksi terhadap kompetisi global di dalam pasar seperti halnya bersaing secara efektif atas dasar global.(2007: 81)
Promotion yaitu bermaksud untuk menginformasikan dan membujuk Trget konsumen dari hal nilai dari produk yang di jual. Sarana promosi utama dalah melalui iklan,penjualan secara pribadi, publikasi dan promosi penjualan. Penentuan tentang media mana yang akan digunakan juga merupakan bagian yang penting di sebuah promosi produk.(Sofjan : 1988 : 179)

D. Fokus penjualan  produk

Berbicara mengenai dunian usaha tentu tidak lepas dari sebuah target atau focus penjualan target atau fokus penjualan biasanya di tetapkan oleh perusahaan dan di tentukan pada awal tahun dengan di pengaruhi oleh beberapa fsktor baik dari eksternal seperti trend yang sedang demand, pertumbuhan ekonomi, kebutuhan pasar, maupun dari faktor internal seperti pencapaian target tahun lalu dan kesiapan produk yang akan di pasarkan.
Sangat penting kiranya bagi kita untuk dapat menganalisa data-data yang terjadi dalam bisnis kita sehari-hari, seperti, berapa prediksi pertumbuhan pasar di tahun depan ?, kemungkinan trend apa yang akan terjadi dan berpengaruh  terhadap bisnis kita di tahun depan ?, hal-hal seperti inilah yang menjadi acuan dasar kita dalam menentukan target penjualan di masa yang akan dating.

Di dalam hasil wawncara ini yang menjadi fokus penjualan produk dari SGM (Sumbawa Great Mall) sebagai pusat perbelanjaan yang cukup besar di banding dengan Alfamart atau Indomaret di Sumbawa. Yaitu masyarakat sumbawa produk yang menjadi focus di dalam penjualannya adalah kebutuhan-kebutuhan mendasar di dalam rumah tanga seperti gula,kosmetik barang-barang seperti piring ,peralatan-peralatan masak,cemilan-cemilan,peralatan-peralatan bayi,dan untuk pakaian fashion,ini belum terlalu menjadi focus penjualan dari SGM ,karna kita tau bahwa di sumbawa untuk persaingan fashion memang sangat banyak,untuk itu SGM focus di kebutuhan-kebutuhan dasar rumah tangga,selain itu juga ada wahana-wahan tempat bermain anak,tempat karaoke akan tetapi kalo dari penjualan fashion belum menjadi fokus di dalam  penjualan produk yang ada di SGM.



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

       SGM (Sumbawa Great Mall) adalah salah satu pusat perbelanjaan di Sumbawa Besar. Akan tetapi sebagian orang banyak mengatakan bahwa SGM masih belum bisa dikatakan sebagai MALL. Sebab Mall biasanya lebih berukuran besar, serta fasilitasnyapun lebih dari SGM. Akan tetapi SGM juga memiliki banyak dampak positive berikut ini adalah kesimpulannya.

Apakah keunggulan SGM sebagai pusat perbelanjaan di sumbawa?
SGM memrerikan pelayan bagi masyarakat sumbawa dengan menyedikan berbagai barang dan produk yang lebih murah di banding dengan Alfamart, Indomaret. Selain itu SGM memiliki area, serta gedung yang lebih luas di banding dengan pusat perbelanjaan lainnya seperti Alfamart dan Indomaret.

Apa keuntungan yang bisa di berikan oleh masyarakat sumbawa?
Masyarakat lebih mendapatkan produk serta barang-barang yang lebih murah. Menikmati fasilitas yang ada didalamnya.

Bagaimana SGM menghadapi persaingan dengan pusat perbelanjaan lainnya?
SGM tidak perlu membayar mahal pajak, Masyarakatpunlebih memilih berbelanja di SGM saat memcari kebutuhan yang lebih banyak.

Saran
SGM adalah salah satu tempat yang menunjukkan potensi yang bisa saja memiliki kualitas lebih baik. Hal ini pengembangan serta pelayanan yang lebih baik juga sangat di perlukan. Sebab hal inilah yang nantinya akan menjadikan Sumbawa lebih baik dengan keberadaan SGM sebagai pusat perbelanjaan yang berpengaruh dalam masyarakat dan memberikan dampak positive pula bagi masyarakat sumbawa.


Daftar Pustaka

Suryana, Agus. 2007. Strategi Pemasaran Untuk Pemula. Jakarta: Edsa Mahkota.
Assauri, Sofjan. 1988. Manajemen Pemasaran Dasar,Konsep dan Strategi . Jakarta : Rajawali.
Share:

Catatan Kafsul

  1. kafilahsulawesi mengagendakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
  2. Kafsul akan terus menjadi kebanggaan .
  3. Dan juga menjadi contoh dari penjuru Nusantara.

MOTIVATOR

amanah terembankan pada pundak yang semakin lemah. Bukan sebuah keluhan, keputusasaan, terlebih surut kebelakang. Ini adalah awal pertempuran, awal pembuktian siapa diantara kita yang beriman. Wahai diri sambutlah seruan-Nya!!! Orang-orang besar terlahir karena beban perjuangan bukan menghindar dari peperangan...
Ya Rabb.... berilah kami kekuatan utk isiqamah di jalan ini...

Definition List

Definition list
Daftar definisi Karena itu, Anda dapat menikmati lebih banyak waktu dan juga pekerjaan Anda bersama-sama dan belajar lebih baik.
Kafsul yang menjunjung tinggi rasa kekeluargaan
Fungsi Agama. Keluarga menjadi tempat dimana nilai agama diberikan, diajarkan, dan dipraktikkan..

NASEHAT

Bismillahirrahmanirrahim Tulisan ini berisi kumpulan nasehat yang diambil dari berbagai sumber.. Note: Nasehat ini khususnya untukku dan para pembaca.. Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat..